OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK (OMSK)

Wayan-Sulistiawan - - Diabetes Militus, umah Sakit Ari Canti - Rumah Sakit di Gianyar, Rumah Sakit di BaliOTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK (OMSK)

Pengertian

Otitis media supuratif kronis (OMSK) yang dikenal dengan “congek” merupakan  infeksi kronis di telinga tengah dengan perforasi membran timpani/gendang telinga dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus menerus atau hilang timbul. Sekret mungkin encer atau kental, bening atau berupa nanah

Otitis media akut dengan perforasi membran timpani menjadi otitis media supuratif kronis apabila prosesnya sudah lebih dari dua bulan. Bila proses infeksi kurang dari dua bulan, disebut otitis media supuratif subakut.

Penyebab

Beberapa faktor yang menyebabkan otitis media akut menjadi OMSK:

  • pengobatan yang terlambat diberikan,
  • pengobatan yang tidak adekuat,
  • virulensi kuman tinggi,
  • daya tahan tubuh pasien rendah (gizi kurang) atau hygiene buruk

OMSK OMSK - - Diabetes Militus, umah Sakit Ari Canti - Rumah Sakit di Gianyar, Rumah Sakit di BaliJenis OMSK

OMSK dapat dibagi atas dua jenis, yaitu

  • OMSK tipe aman (tipe mukosa = tipe benigna) terbatas pada mukosa saja, dan biasanya tidak mengenai tulang. Umumnya OMSK tipe aman tidak terdapat kolesteatoma. (merupakan pertumbuhan kulit yang abnormal, namun bukan merupakan kanker, yang terjadi di kanal tengah rongga telinga dalam, tepat di belakang gendang telinga)
  • OMSK tipe bahaya (tipe tulang = tipe maligna) OMSK yang disertai dengan kolesteatoma. Sebagian besar komplikasi yang berbahaya atau fatal timbul pada OMSK tipe bahaya

Berdasarkan aktivitas secret yang keluar dikenal juga

  • OMSK aktif dengan sekret yang keluar dari kavum timpani secara aktif
  • OMSK tenang dimana kavum timpaninya terlihat basah atau kering.

OMSK - - Diabetes Militus, umah Sakit Ari Canti - Rumah Sakit di Gianyar, Rumah Sakit di BaliDiagnosis

Diagnosis OMSK dibuat berdasarkan gejala klinik dan pemeriksaan THT terutama pemeriksaan otoskopi. Untuk mengetahui adanya gangguan pendengaran dapat dilakukan pemeriksaan secara sederhana yaitu penala. Untuk mengetahui jenis dan derajat gangguan pendengaran dapat dilakukan pemeriksaan audiometri nada murni, audiometri tutur dan pemeriksaan BERA (brainstem evoked response audiometry) bagi pasien/anak yang tidak kooperatif dengan pemeriksaan audiometri nada murni.

Pemeriksaan penunjang lain berupa foto rontgen mastoid serta kultur dan uji resistensi kuman dari secret telinga.

Pemeriksaan radiologi sendiri berfungsi untuk menentukan struktur anatomi tulang mastoid

Penatalaksanaan OMSK

Terapi OMSK biasanya memerlukan waktu yang lama, serta berulang-ulang, sekret yang keluar tidak langsung cepat kering atau sering kambuh lagi,

Penatalaksanaan OMSK tipe aman yakni konservatif atau medicamentosa

Penatalaksaan OMSK tipe bahaya dapat dilakukan tindakan  pembedahan, yakni mastoidektomi dengan atau tanpa timpanoplasti.